HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.237.22.39
Pengunjung : 826.055


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

SEJARAH SMA TARAKANITA 1 JAKARTA

Pada bulan Agustus tahun 1962 didirikan SMA Tarakanita yang gedungnya masih bergabung dengan TK, SD, SMP Tarakanita blok Q di jalan Bintara (sekarang disebut jalan Woltermonginsidi). Dikelola oleh para Suster CB dari Kongregasi Suster-suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus, SMA Tarakanita 1 bertujuan untuk mendidik generasi muda putri agar menjadi generasi muda yang berkepribadian utuh (berwatak baik, beriman, jujur, bersikap adil, cerdas, mandiri, kreatif, terampil, berbudi pekerti luhur, berwawasan kebangsaan dan digerakkan oleh kasih Allah yang berbela rasa terhadap manusia, terutama mereka yang miskin, tersisih dan menderita).

Pengelolaan serta administrasi sekolah pada saat itu masih bergabung dengan SMP di bawah Dra. Sr. Maria, CB. Kegiatan belajar mengajar baru dimulai bulan berikutnya yaitu tanggal 10 September 1962. Hal ini terjadi karena berlangsung ASEAN GAMES yang juga melibatkan siswi-siswi sekolah tersebut. Maka tanggal 10 September 1962 ditetapkan sebagai hari jadi SMA Tarakanita.

Pada tahun 1963 kepemimpinan SMA Tarakanita diserahkan kepada Dra. Sr. Emmanuella, CB. Sekolah ini bertujuan untuk mendidik puteri-puteri Indonesia agar memiliki kepandaian dan kemampuan sejajar dengan kaum pria, maka sekolah SMA Tarakanita hanya menerima siswa putri.

Pada tanggal 10 Januari 1968 lahirlah SMEA dan LPK Tarakanita, ketiga sekolah ini dipimpin Dra. Sr. Emmanuella, CB. Kemudian bulan Januari 1970 ketiga sekolah ini pindah ke gedung baru yang terletak di jl. Pulo Raya IV no. 17, Kebayoran Baru. Dana gedung ini merupakan bantuan dari Pemerintah RI, diresmikan oleh Gubernur DKI Bapak Ali Sadikin dan diberkati oleh Mgr. Dr. Leo Sukoto, SJ pada 17 April 1971.

Pada tahun 1976 berdirilah SMA Tarakanita di Pluit, maka kemudian SMA Tarakanita di Pulo Raya disebut SMA Tarakanita 1 dan SMA Tarakanita Pluit menjadi SMA Tarakanita 2. SMA Tarakanita 1 sejak tahun 1985 mendapat status DISAMAKAN. Penetapan status disamakan terakhir berdasarkan Keputusan Sidang Badan Akreditasi Sekolah Provinsi DKI Jakarta No. Ma.003548.

Sesuai tuntutan zaman dan perkembangan, SMA Tarakanita 1 merasa turut bertanggungjawab dalam tugas melayani  kepada generasi muda. Dengan dilandasi semangat cinta kasih, SMA Tarakanita 1 masih eksis serta menunjukkan prestasi akademik maupun non akademik, sehingga dikenal sebagai sekolah Katolik yang masih dipercaya oleh masyarakat sampai saat ini.