HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 3.80.85.76
Pengunjung : 493.694






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

SEJARAH SMA TARAKANITA 1 JAKARTA

Pada bulan Agustus tahun 1962 didirikan SMA Tarakanita yang gedungnya masih bergabung dengan TK, SD, SMP Tarakanita blok Q di jalan Bintara (sekarang disebut jalan Woltermonginsidi). Dikelola oleh para Suster CB dari Kongregasi Suster-suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus, SMA Tarakanita 1 bertujuan untuk mendidik generasi muda putri agar menjadi generasi muda yang berkepribadian utuh (berwatak baik, beriman, jujur, bersikap adil, cerdas, mandiri, kreatif, terampil, berbudi pekerti luhur, berwawasan kebangsaan dan digerakkan oleh kasih Allah yang berbela rasa terhadap manusia, terutama mereka yang miskin, tersisih dan menderita).

Pengelolaan serta administrasi sekolah pada saat itu masih bergabung dengan SMP di bawah Dra. Sr. Maria, CB. Kegiatan belajar mengajar baru dimulai bulan berikutnya yaitu tanggal 10 September 1962. Hal ini terjadi karena berlangsung ASEAN GAMES yang juga melibatkan siswi-siswi sekolah tersebut. Maka tanggal 10 September 1962 ditetapkan sebagai hari jadi SMA Tarakanita.

Pada tahun 1963 kepemimpinan SMA Tarakanita diserahkan kepada Dra. Sr. Emmanuella, CB. Sekolah ini bertujuan untuk mendidik puteri-puteri Indonesia agar memiliki kepandaian dan kemampuan sejajar dengan kaum pria, maka sekolah SMA Tarakanita hanya menerima siswa putri.

Pada tanggal 10 Januari 1968 lahirlah SMEA dan LPK Tarakanita, ketiga sekolah ini dipimpin Dra. Sr. Emmanuella, CB. Kemudian bulan Januari 1970 ketiga sekolah ini pindah ke gedung baru yang terletak di jl. Pulo Raya IV no. 17, Kebayoran Baru. Dana gedung ini merupakan bantuan dari Pemerintah RI, diresmikan oleh Gubernur DKI Bapak Ali Sadikin dan diberkati oleh Mgr. Dr. Leo Sukoto, SJ pada 17 April 1971.

Pada tahun 1976 berdirilah SMA Tarakanita di Pluit, maka kemudian SMA Tarakanita di Pulo Raya disebut SMA Tarakanita 1 dan SMA Tarakanita Pluit menjadi SMA Tarakanita 2. SMA Tarakanita 1 sejak tahun 1985 mendapat status DISAMAKAN. Penetapan status disamakan terakhir berdasarkan Keputusan Sidang Badan Akreditasi Sekolah Provinsi DKI Jakarta No. Ma.003548.

Sesuai tuntutan zaman dan perkembangan, SMA Tarakanita 1 merasa turut bertanggungjawab dalam tugas melayani  kepada generasi muda. Dengan dilandasi semangat cinta kasih, SMA Tarakanita 1 masih eksis serta menunjukkan prestasi akademik maupun non akademik, sehingga dikenal sebagai sekolah Katolik yang masih dipercaya oleh masyarakat sampai saat ini.