HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.231.226.13
Pengunjung : 805.135


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Peran Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan


Kamis; 19 May 2016 [Admin, SMA TARAKANITA 1 JAKARTA] - Artikel Umum

Sepanjang perkembangan dunia pergaulan dan pendidikan, sudah banyak seminar yang menjelaskan tentang Kecerdasan Emosional sebagai  potensi yang dimiliki seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang mencakup pengendalian diri, semangat, ketekunan dan kemampuan memotivasi diri sendiri serta empati pada perasaan orang lain, sehingga merupakan gabungan dari seluruh aspek kehidupan  dengan perbedaan budaya, pandangan dan keinginan,  untuk itu maka pembinaan Kecerdasan Emosional diharapkan mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Memang perlu diketahui bahwa  masih banyak orang dalam  keluarga, pergaulan,  pertemanan; belum menyadari atau mungkin belum memahami bahwa Kecerdasan Emosional ( Emotional Qutient = EQ ) sangatlah penting.
 
Mengapa Kecerdasan Emosional itu penting ?
 
Menurut Howard Gardner (1983), wujud Kecerdasan Emosional itu adalah kemampuan untuk  menyadari dalam mengelola emosi diri sendiri dengan memiliki kepekaan terhadap emosi orang lain dalam merespond  dan bernegosiasi serta memotivasi diri. Dan menurut Agustian, Kecerdasan Emosional dipengaruhi oleh  faktor internal yaitu keadaan otak emosional seseorang dan faktor external yang datang dari luar individu yang mempunyai kemampuan mempengaruhi bahkan merubah sikap melalui perantara ( media, teman atau orang lain).

Oleh karena itu wujud Kecerdasan Emosional di atas dirasakan sangat penting untuk diterapkan dalam dunia pendidikan yang  terdiri dari komponen orang dewasa (Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Orang tua peserta didik) dan anak anak  (peserta didik), dimana perpaduan perbedaan karakter orang dewasa dan anak anak  dalam dunia pendidikan sangat diperlukan keselarasan Kecerdasan Emosional  Guru untuk membimbing dan mewujudkan prestasi peserta didik dalam pendidikan formal akademis dan non akademis di sekolah.

Dalam hal ini yang harus disadari bahwa Pembawa peran Kecerdasan Emosional itu adalah Warga Sekolah, seiring dengan peraturan dan nilai nilai Cc5 Compassion, Celebration, Competence, Conviction, Creativity dan Community  dalam menjalankan tugas masing masing sebagai wakil orang tua peserta didik di sekolah; maka dari itu kita semua sebagai warga sekolah, diharapkan mempunyai keinginan bekerja sama  mulai dari promosi sekolah dalam meningkatkan  animo, mengenal peserta didik, mengajar di kelas dengan menghargai pendapat, mengarahkan , mendidik peserta didik  dengan penuh kasih serta adanya emosional semangat memotivasi  peserta didik, guru mengajar di luar kelas dan juga dirasakan ketika pelatih dalam kegiatan extra kurikuler. Tak lupa, tanpa disadari bahwa  terkadang perwujudan Kecerdasan Emosional bisa diterapkan dalam bentuk sikap humoris dan menanamkan ciri khas sekolah seperti “Ramah Tabah Sederhana”,  sebagai bekal hidupnya kelak.

By Puline Pudjiastiti . SS.2016






Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :